Puan Pastikan Komitmen DPR RI Terhadap RUU PPRT

Rahmad Novandri | Selasa, 16/05/2023 18:03 WIB
Puan Pastikan Komitmen DPR RI Terhadap RUU PPRT Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani memastikan komitmen DPR RI untuk secepat mungkin menuntaskan pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Disampaikanya, saat ini RUU PPRT masih dibahas di Badan Legislasi (Baleg) dan sedang menunggu hasil pembahasan tersebut.

"Masih dalam pembahasan di badan legislasi (Baleg), ya kita tunggu bagaimana pembahasannya. Komitmennya akan kita selesaikan dengan sebaik-baiknya, bermanfaat, tidak kemudian menimbulkan kontroversi, dan tidak ada tumpang tindih dengan UU lain," kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 16 Mei 2023.

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menegaskan komitmen yang sama terkait RUU PPRT ini. Bahkan pihaknya menargetkan RUU PPRT ini dapat disahkan menjadi UU pada tahun ini.

"Sejak 5 April 2023, Kemenaker telah melakukan sejumlah pertemuan pembahasan. Mulai dari konsolidasi internal Kemenaker, serap aspirasi, hingga pembahasan dengan Panitia Antar Kementerian/Lembaga (PAK). Alhamdulillah, DIM telah selesai dibahas dan akan segera dibahas lebih lanjut dengan Badan Legislasi DPR RI," ujarnya.

Ida Fauziyah mengatakan, pembahasan DIM RUU PPRT dinilainya berjalan dengan cepat dan lancar meskipun dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh K/L terkait yang berkomitmen menyelesaikan pembahasan DIM RUU PPRT secepat mungkin, serta berbagai stakeholders ketenagakerjaan yang telah memberikan masukan dalam serap aspirasi.


Berita Terkait :