Wapres RI Minta Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2023 Tidak Berkurang

Rahmad Novandri | Jum'at, 05/05/2023 20:04 WIB
Wapres RI Minta Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2023 Tidak Berkurang KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin meminta perolehan medali Indonesia di ajang SEA Games 2023 di Kamboja tidak berkurang dibanding capaian pada ajang sebelumnya. Dirinya berharap para atlet Tanah Air bekerja keras meningkatkan perolehan medali untuk Indonesia.

"Memang tidak boleh kurang, kalau itu (hasil medali) turun, maka prestasi kita turun," ujar Kiai maruf dilansir dari antaranews, Jumat, 5 Mei 2023.

Meski SEA Games Kamboja yang berlangsung 5-17 Mei belum dibuka secara resmi, namun sejumlah pertandingan sudah dimainkan dan per Jumat (5/5) pukul 07.00 WIB, Indonesia sudah mengumpulkan satu medali perak dan lima perunggu dan kini berada di posisi kelima klasemen medali.

"Ya, atau mungkin orang sudah lebih maju daripada kita, oleh karenanya SEA Games ini menjadi ukurannya. Kita berharap tak turun, bahkan bisa menjadi juara umum, minimal pada posisi nomor dua atau 'runner up'," ungkapnya.

Wapres selaku Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pun mengaku bahwa dalam DBON sudah ditetapkan target untuk SEA Games. "Dan SEA Games itu atlet nasional kita, kalau tidak juara atau juara umum paling tidak 'runner up'.
Kalau turun daripada itu berarti ada sesuatu yang harus diperbaiki, itu sebagai momen untuk penilaian DBON kita ada kemajuan atau tidak," tuturnya.