Anggota Komisi II DPR Minta Pemerintah Evaluasi Proses Seleksi Penerimaan PPPK Teknis

M. Isa | Kamis, 04/05/2023 18:30 WIB
Anggota Komisi II DPR Minta Pemerintah Evaluasi Proses Seleksi Penerimaan PPPK Teknis Guspardi Gaus (Anggota Komisi II DPR RI). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah diminta mengevaluasi terhadap proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis tahun 2022 seiring banyaknya keluhan yang disampaikan oleh Forum PPPK Teknis.

"Banyak keluhan yang disampaikan oleh peserta ujian yang gagal dalam tes Seleksi Kompetensi PPPK Teknis 2022 karena passing grade (batas nilai minimal harus dipenuhi) yang tinggi sehingga banyak sekali formasi yang terancam tidak terisi," ujar Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus dalam keterangannya, Kamis, 4 Mei 2023.

Guspardi menyampaikan bahwa pada Sabtu, 29 April 2023 lalu melakukan audiensi secara daring dengan Forum PPPK Teknis. Para peserta ujian PPPK Teknis 2022 mengeluhkan kondisi yang terjadi di lapangan.

“Secara persentase dan rata-rata peserta gagal memenuhi passing grade yang dipersyaratkan, hanya sebagian kecil yang mampu memenuhinya,” paparnya.

Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat mengevaluasi dan membuat terobosan terkait masalah ini. Ia memberi contoh dengan memundurkan atau menyesuaikan pengumuman hasil pasca-sanggah olah nilai Seleksi Kompetensi PPPK Teknis 2022 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei 2023.

 "Mungkin juga perlu alternatif lain, seperti menetapkan sistem ranking untuk peserta yang tidak lulus passing grade. Peserta yang telah lulus tetap menjadi prioritas untuk mengisi formasi yang ada," tukas Guspardi.


Berita Terkait :