Motivasi Kontingen Indonesia di SEA Games, Puan: Harumkan Nama Indonesia

Rahmad Novandri | Rabu, 03/05/2023 17:10 WIB
Motivasi Kontingen Indonesia di SEA Games, Puan: Harumkan Nama Indonesia Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani memberikan motivasi kepada kontingen Indonesia yang akan tampil di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Ia berharap kontingen Indonesia bisa memperoleh hasil terbaik dan mengharumkan nama bangsa.

"Saya ucapkan selamat bertanding untuk kontingen Indonesia dalam SEA Games ke-32 di Kamboja. Saya percaya, putra/putra terbaik bangsa yang dikirim untuk perhelatan SEA Games tahun 2023 ini akan memberikan yang terbaik. Buatlah harum nama Indonesia," ujar Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 3 Mei 2023.

Hari ini, sebanyak 884 orang yang masuk dalam kontingen Indonesia resmi dilepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berangkat ke Kamboja. Adapun 884 orang tersebut terdiri dari 599 atlet, 230 ofisial, dan 55 tenaga medis. Para atlet Indonesia akan bertanding pada 31 dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games.

Dalam SEA Games ke-31 tahun 2021 di Vietnam lalu, Indonesia berhasil menjadi juara ketiga dengan perolehan 241 medali di mana 69 di antaranya adalah medali emas. Puan berharap, kontingen Indonesia bisa meningkatkan prestasi di SEA Games kali ini.

"Saya berharap Indonesia bisa memperoleh banyak medali emas. Syukur-syukur raihan medalinya bisa lebih banyak dari perhelatan SEA Games sebelumnya dan posisi kita naik. Jangan sampai turun dari juara ketiga," tutur Puan.

Di sisi lain, Puan mengingatkan Pemerintah untuk menjamin segala kebutuhan atlet yang tengah berlaga di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu. Apabila ada yang cedera, Pemerintah harus memberikan perawatan hingga pulih sesuai amanat UU No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

"Pastikan kebutuhan atlet terpenuhi sehingga mereka dapat bertanding dengan tenang," tukasnya.

Selain fasilitas sarana dan prasarana olahraga, Puan menilai pembinaan usia dini untuk atlet juga harus diperhatikan. Dengan adanya pembinaan yang berjenjang dan dilakukan secara terencana, ia meyakini prestasi olahraga Indonesia akan semakin diakui dunia.