Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka, Honorer Dihapus

Rahmad Novandri | Jum'at, 14/04/2023 22:16 WIB
Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka, Honorer Dihapus Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah azwar anas memproyeksikan formasi aparatur sipil negara (ASN) dosen pada tahun 2023 mencapai 21.932. Angka tersebut meningkat lebih dari 2 kali lipat bila dibandingkan dengan formasi ASN dosen di tahun 2022 yang hanya mencapai 10.105.

Adapun formasi 21.932 tersebut terdiri dari formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 15.858 formasi dan calon pegawai negeri sipil sebanyak 6.074.

"Kemenpan RB ingin melipatgandakan tenaga pengajar baik PPPK atau CPNS. Ada proyeksi peningkatan formasi yang cukup besar," ujar Azwar Anas dilansir dari okezone.com, Jumat, 14 April 2023.

Disampaikannya, hal tersebut dilakukan karena melihat adanya permintaan kebutuhan dosen yang tinggi di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, dia mengatakan banyak dosen yang telah mengabdi bertahun-tahun namun belum mendapatkan kepastian pengangkatan.

Proyeksi MenpanRB Anas pun sesuai dengan keputusan pemerintah untuk memprioritaskan pengangkatan tenaga honorer pada pendidikan. 

Selain itu, Anas mengatakan terdapat transformasi jabatan fungsional sehingga dosen tidak harus mengisi Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) yang cenderung administratif lantaran selama ini Anas melihat banyak dosen yang disibukkan dengan DUPAK. Hal ini pun tertuang dalam Permenpan RB No.1 Tahun 2023 yang ditetapkan pada 6 Januari 2023.

"Bahkan ada guru - guru mengeluh karena harus cuti 3 hari dalam mengisi DUPAK. Jadi tidak ada lagi pengisian DUPAK yang administratif dan tenaga pengajar bisa mengejar capaian organisasi," imbuhnya.