Komisi V DPR RI Minta Ditjen Bina Marga PUPR Cepat Tangani Jalan Rusak Jalur Pantura

M. Isa | Rabu, 12/04/2023 19:37 WIB
Komisi V DPR RI Minta Ditjen Bina Marga PUPR Cepat Tangani Jalan Rusak Jalur Pantura Jalur Pantura (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Komisi V DPR RI melakukan rapat kerja dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Dinas Bina Marga Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Sekda Jawa Timur, di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Raker kali ini untuk membahas preservasi dan pemanfaatan Jalan Pantura menghadapi masa mudik lebaran 2023.

Dalam kesempatan itu, Komisi V DPR RI meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga PUPR untuk cepat tanggap dalam melakukan penanganan jalan yang rusak di sepanjang Jalur Pantura.

“Hal itu demi menjaga kondisi jalan agar tetap layak dan aman digunakan oleh pengguna jalan,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

Tak hanya itu, ungkap Andi Iwan, Komisi V DPR RI meminta Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub untuk melakukan percepatan pembangunan fasilitas perlengkapan dan penerangan jalan.

“Serta meningkatkan manajemen pemeliharaan terhadap fasilitas perlengkapan dan penerangan jalan yang sudah terbangun di Jalan Pantura,” tuturnya.

Komisi V DPR RI juga meminta Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan koordinasi.

“Dan saling bersinergi sesuai dengan wewenangnya dalam mendukung keamanan, keselamatan, kenyamanan dan kelancaran lalu lintas,” tukasnya.