Komisi VII Dukung Aspirasi HIPMI untuk Percepat Penyelesaian RUU EBET

M. Isa | Senin, 10/04/2023 19:56 WIB
Komisi VII Dukung Aspirasi HIPMI untuk Percepat Penyelesaian RUU EBET Bisnis EBT Makin Banyak Diminati (Foto: Katadata)

RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI menerima audiensi HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) di ruang Komisi VII DPR, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin, 10 April 2023.

Dalam kesempatan itu, ada sejumlah aspirasi yang disampaikan oleh HIPMI. Salah satunya terkait harapannya agar RUU EBET (energi baru dan energi terbaru) dan RUU Migas (Minyak dan Gas) segera diselesaikan.

"Terkait permintaan tersebut Komisi VII DPR RI mendukung permintaan HIPMI untuk mempercepat diselesaikannya RUU EBET dan RUU Migas. Pasalnya, kedua RUU tersebut sangat berguna sebagai payung hukum kepastian berusaha yang aman dan terarah bagi sektor Energi dan Migas,” ujar Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto.

Sugeng menyampaikan bahwa HIPMI berharap skema penyaluran dana transisi energi seperti JETP (Just Energy Transition Partnership), yang menurutnya harus merata. Sehingga tidak hanya menjadi stimulus industri besar saja, namun juga perusahaan kecil menengah.

KTT G20 di Bali tahun 2022 lalu menghasilkan adanya dana transisj energi dengan skema JETP dengan komitmen 20 Miliar Dolar Amerika yang digunakan untuk menurunkan emisi karbon manjadi maksimal 270 juta ton pada tahun 2030 mendatang, hingga mencapai zero emission pada tahun 2050.

"Dari 20 Miliar Dolar Amerika dana transisi energy dengan skema JETP, setidaknya satu persen saja diberikan untuk industri kecil (Usaha Kecil Mikro Menengah), itu akan menumbuhkan industri kecil," tukasnya.


Berita Terkait :