Edward Tannur: Penyaluran Pupuk Subsidi Harus Tepat Waktu, Tepat Sasaran Dan Tepat Guna

M. Isa | Senin, 03/04/2023 20:25 WIB
Edward Tannur: Penyaluran Pupuk Subsidi Harus Tepat Waktu, Tepat Sasaran Dan Tepat Guna Anggota Komisi IV DPR RI Edward Tannur (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Komisi IV DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Badan Pangan Nasional, Perum Bulog, PT Pupuk Indonesia dan ID Food di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi IV DPR RI Edward Tannur memberikan apresiasi kepada PT Pupuk Indonesia atas pengadaan 1.000 kios pupuk komersil yang memasarkan pupuk non subsidi untuk meningkatkan ketersediaan pupuk untuk para petani.

“Saya sangat apresiasi dengan pengadaan 1.000 kios lagi. Itu sangat baik untuk pendekatan pelayanan, yang penting diharapkan agar betul-betul pupuk itu bisa tersedia. Tujuannya kan untuk mendekatkan pelayanan. Sekarang yang bermasalah itu pada tahap pendistribusi untuk sampai kepada kios yang bersangkutan, itu permasalahan di situ Pak,” kata Edward Tannur.

Menurut Edward Tannur, permasalahan ketersediaan pupuk merupakan hal klasik. Seperti pada musim tanam dan petani akan melakukan pemupukan, pupuk tidak banyak yang tersedia di pasaran.

“ini kendala itu klasik setiap kali itu, belum lagi harganya. betul dari standar pupuk subsidi ini sudah ada harganya sekian, tapi kadang-kadang di lapangan ya itu bisa terjadi miss dalam penyaluran pupuk,” imbuhnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikab bahwa setiap petani tidak memiliki wawasan atau pengetahuan yang sama tentang pupuk subsidi. Untuk itu Ia meminta PT Pupuk Indonesia memberi perhatian terhadap penyaluran pupuk ini, agar penyimpangan mengenai pupuk dapat lebih diminimalisir.

“Jadi saya harapkan agar pupuk subsidi ini betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat. dalam penyalurannya harus tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna. jangan sampai di kirim ke NTT nanti sebentar sudah dipindahkan ke tempat lain lagi,” tukasnya.


Berita Terkait :