Cak Udin Terima Field Study MIN 1 Kota Malang di DPR RI

Rahmad Novandri | Senin, 13/03/2023 15:40 WIB
Cak Udin Terima Field Study MIN 1 Kota Malang di DPR RI M. Hasanuddin Wahid (Anggota DPR/MPR RI daerah pemilihan Malang Raya). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI dari dapil Malang Raya, M. Hasanuddin Wahid menerima kunjungan siswa-siswi MIN 1 Kota Malang di kompleks Gedung DPR/MPR RI, Jakarta. Sebanyak 283 orang yang terdiri dari 215 siswa-siswi dan 32 guru mengikuti kegiatan 'Field Study'.

Di hadapan siswa dan guru pembimbing, pria yang akrab dipanggil Cak Udin ini menjelaskan unsur keanggotaan MPR RI yang terdiri dari anggota DPR RI dan DPD RI. Ia mengungkapkan, saat ini jumlah anggota MPR ada 711 anggota, terdiri dari 575 anggota DPR RI dan sebanyak 136 anggota DPD RI.

“MPR merupakan gabungan dari anggota DPR RI dan DPD RI,” ucap Cak Udin dalam keterangannya, Senin, 13 Maret 2023. 

Ia menerangkan, untuk bisa menjadi anggota DPR RI seseorang harus masuk partai politik. Tanpa dicalonkan oleh partai politik, seseorang tidak bisa menjadi anggota DPR RI. Ia berharap para siswa dari MIN Negeri 1 Malang tersebut belajar lebih giat dan tekun agar bisa menjadi penerus pemimpin bangsa. 

“Siswa MIN 1 Kota Malang merupakan pelanjut dari kepemimpinan saat ini, saya berharap dari sini suatu saat ada yang jadi anggota DPR RI, Bupati, Wali Kota, Menteri, hingga Presiden," ungkapnya. 

Cak udin mengaku sangat senang sekali bertemu dengan siswa-siswi MIN 1 Kota Malang melakukan field study ke Gedung DPR/MPR RI. Sebab tidak semua anak sekolah bisa berada di tempat ini. Untuk itu, ia berharap kehadiran para siswa agar dapat memanfaat moment ini dengan sebaik-baiknya. 

"Ada banyak sekolah yang belum ditakdirkan berkunjung kesini. Maka, Kalian harus bersyukur bisa berkunjung ke tempat ini,” jelasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, pria kelahiran kota Batu ini juga memberikan kuis berhadiah kepada siswa dan guru yang bisa menjawab beberapa pertanyaan seputar wawasan DPR dan MPR RI. 

Dalam kegiatan field study ini para siswa juga didampingi oleh kepala sekolah dan guru-guru kelas V MIN 1 Kota Malang. 

Kepala sekolah Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sebenarnya dilaksanakan setiap tahun, dan terpaksa tertunda sebab pandemi COVID-19. 

“Kami senang sekali bisa berkunjung kembali ke gedung DPR/MPR dan bertemu langsung dengan anggota DPR RI Dapil Malang Raya, M. Hasanuddin Wahid atau yang biasa kami kenal dengan Cak Udin," ungkapnya. 

Siti Aisyah juga menambahkan, kunjungan yang dilakukan ini merupakan kunjungan edukatif yang diharapkan mampu memberikan wawasan dan motivasi kepada siswa-siswi agar menjadi pemimpin kelak di masa yang akan datang. 

“Semoga acara Field study yang diselenggarakan di Nusantara V ini dapat memotivasi siswa-siswi MIN 1 Kota Malang agar menjadi pemimpin di masa-masa mendatang, serta menginspirasi siswa-siswi agar mempunyai cita-cita menjadi ketua DPR, ketua MPR, bahkan menjadi presiden," tambahnya.


Berita Terkait :