Depo Pertamina Plumpang Kebakaran, Faisol Riza Tekankan Penataan Posisi Depo

M. Isa | Senin, 06/03/2023 20:44 WIB
Depo Pertamina Plumpang Kebakaran, Faisol Riza Tekankan Penataan Posisi Depo Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengatakan Pertamina perlu menata ulang dan melakukan evaluasi terhadap posisi depo yang berdekatan dengan pemukiman warga.

"Sebaiknya juga mulai membicarakan mendesain, mengevaluasi keberadaan kilang maupun pemukiman di sekitarnya. Saya rasa itu penting untuk mengantisipasi kemungkinan lain yang mungkin terjadi yang mengakibatkan adanya korban di masa datang," kata Faisol Riza dilansir dprgoid, Senin, 6 Maret 2023.

Diketahui, peristiwa kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara menyebabkan banyak korban disebabkan letaknya yang berdekatan dengan pemukiman warga.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta Pertamina melakukan peremajaan infrastruktur agar kejadian serupa tidak terulang "Tidak apa-apa spending lebih besar tapi demi keselamatan dan citra Pertamina sebaiknya ini dilakukan semaksimal mungkin," tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VI Andre Rosiade mengungkapkan, pemerintah perlu mengkaji apakah perlu merelokasi pemukiman warga atau memindahkan depo ke tempat yang layak.

"Kalau soal relokasi depo saya usulkan kepada Menteri BUMN dan pemerintah, agar depo ini dipindahkan ke Pelindo, ke new port Pelindo di Priok itu. Saya mendorong, mengusulkan untuk pindah ke sana ke Pelindo supaya Pertamina tidak perlu investasi tanah lagi karena kan tanahnya bisa sewa, bisa dalam bentuk kerja sama tanpa perlu investasi. Jadi Pertamina tidak perlu beli tanah, bisa menggunakan tanah itu dengan sinergi BUMN," tukas Andre Rosiade.


Berita Terkait :