Presiden Jokowi Resmikan Empat Infrastruktur di Jawa Barat

M. Isa | Senin, 06/03/2023 19:42 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Empat Infrastruktur di Jawa Barat Presiden Jokowi saat meresmikan Kolam Retensi Andir di Bandung (foto: facebook Presiden Joko Widodo)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan empat infrastruktur yang berfungsi untuk mencegah banjir dan mengurai kemacetan di Jawa Barat, terutama Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan Kolam Retensi Andir, Kolam Retensi Cieunteung, dan Floodway Cisangkuy di Kabupaten Bandung, dan Flyover Kopo di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat,” kata Presiden Jokowi di kawasan Kolam Retensi Bandung, Minggu, 5 Februari 2023.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Pemerintah pusat menganggarkan Rp 1,26 triliun untuk membangun ke empat tersebut. “Totalnya yang telah dibangun oleh pemerintah pusat di Kota Bandung dan di Kabupaten Bandung sebesar Rp1,26 triliun,” ujarnya.

Dengan rincian Kolam Retensi Andir, Kolam Retensi Cieunteung, dan Floodway Cisangkuy masing-masing Rp142 miliar, Rp204 miliar, dan Rp632 miliar. Sementara pembangunan Flyover Kopo senilai Rp288 miliar.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensegneg) Pratikno, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana.