Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Ini Harapan Presiden Jokowi

M. Isa | Senin, 06/03/2023 17:22 WIB
Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Ini Harapan Presiden Jokowi Presiden Jokowi saat meresmikan Mayapada Hospital Bandung (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan Mayapada Hospital Bandung yang berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu No. 5, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (06/03/2023).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi konsep rumah sakit yang mengusung tema rumah sakit hijau (green hospital) di Indonesia. Mulai dari ruangannya, bangunanannya hingga alat kesehatannya.

“Saya tadi baru saja masuk ke rumah sakit ini, Mayapada Hospital Bandung. Apa yang saya lihat semuanya, ruangannya, alkesnya, tata ruangnya, green building-nya sangat sangat bagus,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap kehadiran rumah sakit modern seperti Mayapada Hospital Bandung dapat mengurangi jumlah masyarakat yang berobat ke luar negeri. Menurutnya, berdasarkan data yang diterima saat ini, hampir dua juta masyarakat Indonesia masih memilih untuk pergi berobat ke luar negeri.

“Satu juta kurang lebih satu juta ke Malaysia, kurang lebih 750 ribu ke Singapura, dan sisanya ke Jepang, ke Amerika, ke Jerman, dan lain-lain, mau kita terus-teruskan?” ucap Presiden.

“Rp165 triliun devisa kita hilang gara-gara itu, karena ada modal keluar, capital outflow,” sambungnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian rumah sakit tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Tahir, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana.