Lewat PLTA Mentarang, Presiden Jokowi Dukung Transformasi Indonesia Menuju Ekonomi Hijau

M. Isa | Rabu, 01/03/2023 18:59 WIB
Lewat PLTA Mentarang, Presiden Jokowi Dukung Transformasi Indonesia Menuju Ekonomi Hijau Presiden Jokowi saat hendak meresmikan PLTA Mentarang (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara, di Malinau, Kalimantan Utara, Rabu, 1 Maret 2023.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapkan, pemerintah sangat mendukung rencana transformasi ekonomi Indonesia menuju ekonomi hijau.

“Karena energinya hijau, produk-produk yang dihasilkan nanti yang di Bulungan, di Kawasan Industrial Park Indonesia di Bulungan, juga produk-produk hijau, produk-produk yang emisi karbonnya rendah, produk-produk yang memiliki harga yang premium tetapi kompetitif. Karena apa? Energinya dari energi hijau dari Sungai Mentarang di Kabupaten Malinau,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut PLTA Mentarang Induk Tunjukkan Kerja Sama Indonesia-Malaysia

Menurut Presiden Jokowi, integrasi dari kawasan Sungai Mentarang menuju kawasan KIPI di Kabupaten Bulungan bukan merupakan suatu pekerjaan yang mudah. Selain itu, proyek tersebut juga membutuhkan anggaran yang tidak kecil, yaitu sekitar Rp40 triliun.

“Kawasan yang terintegrasi dari Mentarang, kemudian disambungkan dengan kawasan yang ada di Bulungan, yang kurang lebih 300-an kilometer disambungkan oleh transmisi. Ini bukan pekerjaan yang mudah dan membutuhkan anggaran biaya yang tidak kecil 2,6 miliar Dolar AS, kalau dirupiahkan kira-kira Rp40 triliun, sebuah nilai yang sangat besar sekali,” tukas Presiden Jokowi.


Berita Terkait :