Gus Kautsar ke Gus Muhaimin: Kalau Masyayikh Perintah Budal, Ya Budal!

Rahmad Novandri | Jum'at, 24/02/2023 16:35 WIB
Gus Kautsar ke Gus Muhaimin: Kalau Masyayikh Perintah Budal, Ya Budal! Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin bersama Gus Kautsar. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - KH. Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) dari Ploso menyatakan, mandat politik Kiai Khas dalam musyawarah di Sidoarjo, Kamis, 23 Februari 2023 untuk Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar sangat jelas, yaitu memerintahkan Gus Muhaimin (sapaan akrab Muhaimin) untuk melebarkan sayap kepemimpinan di tingkat nasional. 

Menurutnya, Gus Muhaimin sebagai seorang santri tidak punya pilihan lain kecuali mengikuti perintah masyayikh. "Bismillah langsung budal (berangkat) Gus. Kita ini kan santri ya, santri itu tugasnya nderekne dawuh masyayikh, nah perintahnya masyayikh tadi apa? Kalau perintahnya budal ya budal," kata Gus Kautsar usai pertemuan itu. 

Suasana khidmat begitu terasa di forum yang dihadiri oleh para Kiai sepuh Jawa Timur. Mewakili para Kiai Khas Jatim, KH Fuad Nur Hasan dengan tegas mendukung Gus Muhaimin untuk memimpin lndonesia. 

Ia juga mengajak seluruh santri dan alumni Sidogiri, seluruh masyayikh pondok pesantren, serta warga Nahdliyin untuk bersatu padu mendukung Gus Muhaimin. "Saya Ahmad Fuad Noerhasan selaku pengasuh Ponpes Sidogiri mendukung dan mendoakan Gus Muhaimin Iskandar mudah-mudahan berhasil dalam rencananya. Dan saya beserta para santri Sidogiri dan para alumni disingkat dengan IASS juga akan mendukung Gus Muhaimin Iskandar," kata Kiai Fuad. 

"Dan saya juga memohon, mengimbau kepada para masyayikh Ponpes agar sepakat dan bulat mendukung Gus Muhaimin Iskandar. Juga saya memohon dan mengimbau Nahdliyin agar semuanya ikut mendukung Gus Muhaimin," sambungnya. 

Sementara itu, KH Nurul Huda Djazuli pun mendorong Nahdliyin di seluruh Indonesia untuk kompak dan bersatu, tak terkecuali dalam konteks politik nasional. "Saya minta bersatulah wahai mujahidin di NU, apapun yang diusahakan tanpa itu (bersatu) tidak bisa berhasil. Kita harus berada di depan dalam berjuang, dalam menjaga keutuhan, kekompakan," kata Kiai Huda. 

"Saya mohon Mbah Kiai jangan sampai menerima selain Gus Muhaimin, ini benar-benar permohonan saya," sambung Kiai Huda.


Berita Terkait :