Presiden Jokowi Tegaskan Hilirisasi Tak Hanya di Sektor Pertambangan

Rahmad Novandri | Kamis, 23/02/2023 18:30 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Hilirisasi Tak Hanya di Sektor Pertambangan Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa hilirisasi tidak hanya dilakukan pada sektor pertambangan mineral dan batu bara (Minerba), tetapi juga pada sektor pertanian, perkebunan, hingga perikanan. Hal itu disampaikan Kepala Negara saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, Kamis, 23 Februari 2023, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Jangan hanya berpikir hilirisasi ada di nikel, di tembaga. Di perikanan, pertanian, perkebunan memiliki potensi yang besar juga dan semua daerah memiliki ini semuanya," ujarnya dilansir dari laman resmi Setkab RI.

Kepala Negara juga mengingatkan kepala daerah untuk menjaga iklim investasi di wilayah masing-masing, mengingat investasi adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Presiden meminta pengurusan perizinan di daerah bisa diselesaikan dalam hitungan jam atau hari.

"Semua (negara) berebut investasi. Oleh sebab itu, tolong dicek kembali mengenai kemudahan perizinan karena kita dalam praktiknya masih lama, masih berada di angka 260-an hari," tuturnya.


Berita Terkait :