Seniman ke Gus Muhaimin: Jadi Ketum Partai Saja Peduli, Gimana Kalau Jadi Presiden?

Rahmad Novandri | Kamis, 23/02/2023 09:15 WIB
Seniman ke Gus Muhaimin: Jadi Ketum Partai Saja Peduli, Gimana Kalau Jadi Presiden? Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin menerima mandat dari para seniman di Padepokan Seni Kirun (Padski) Madiun, Rabu (22/2). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin menerima mandat 'Budal Gus' dari ratusan seniman Jawa Timur di Padepokan Seni Kirun (Padski) Madiun, Rabu, 22 Februari 2023. 

Secara umum para seniman menitipkan aspirasi kepada Gus Muhaimin untuk tak henti memperjuangkan nasib mereka. Mereka bilang seniman bukan hanya butuh bantuan langsung, tetapi lebih dari itu mereka juga butuh panggung untuk tetap bisa berkarya. 

"Gus Ketum, saya mewakili seniman-seniman ini mengucapkan terimakasih, panjenengan sudah banyak membantu kami, memperjuangkan kami. Timbul pertanyaan dalam benak saya, iki lagi Ketua Partai wes koyok ngene (peduli seniman), pie sesuk nek wes dadi Presiden?," kata pelawak senior Marwoto. 

Gus Muhaimin menyambut baik mandat para seniman itu. Menurutnya negara dan bangsa Indonesia bisa tegak berdiri, kuat, kokoh, bersatu, guyub rukun dan bahagia itu semua karena seniman-seniman. 

"Bung Karno dulu bilang politik itu Panglima, waktu pak Suharto berkuasa ekonomi adalah Panglima, sejak reformasi tidak ada Panglima. Dan sejak sekarang kalau mau punya arah kebudayaan harus jadi Panglima di negeri ini," tutur Gus Muhaimin. 

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini menyatakan, sudah lama tidak ada peran negara mendongkrak peran-peran seniman, pun demikian dengan media televisi yang cukup minim menayangkan pagelaran-pagelaran seni tradisional. "Karena itu kita ingatkan pemerintah harus memberi perhatian serius kepada para seniman," ujarnya. 

Secara konkret Gus Muhaimin lantas mendorong Kementerian/Lembaga untuk mensupport pagelaran seni tradisonal. Tak hanya itu, ia juga memerintahkan seluruh Kepala Daerah dari PKB, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota Fraksi PKB seluruh Indonesia untuk ikut memfasilitasi pagelaran seni. 

"Termasuk kepada Kepala Daerah PKB, para Bupati PKB harus (dan) diwajibkan membangun gedung kesenian untuk tampilnya para seniman. Bupati-bupati PKB harus mendongkrak pertunjukan dan penampilan seniman di setiap daerah. DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota juga harus melakukan langkah-langkah itu (melestarikan pertunjukan seni)," kata Gus Muhaimin. 

Di kesempatan tersebut, Gus Muhaimin juga secara langsung menelpon Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali untuk mengagendakan pagelaran seni. Gayung bersambut Gus Muhdlor menyanggupi dan meminta perwakilan seniman setempat untuk menemuinya di Sidoarjo. 

"Cak Tawar ikut saya ke Sidoarjo, kita ketemu Bupati untuk bincang pagelaran seni di sana. Kapan waktunya dan bagaimana konsepnya nanti kita bahas di sana," kata Gus Muhaimin sembari mengajak seniman senior, Cak Tawar.


Berita Terkait :