Pemerintah Dorong Peningkatan Jumlah Penumpang LRT Sumsel

M. Isa | Selasa, 21/02/2023 18:43 WIB
Pemerintah Dorong Peningkatan Jumlah Penumpang LRT Sumsel LRT (Foto: twitter @kabarpenumpang)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah penumpang (ridership) angkutan massal di kota Palembang, seperti Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (LRT Sumsel).

“Sejauh ini kolaborasi antara Kemenhub dengan Pemerintah Kota Palembang untuk menyediakan angkutan feeder ini sudah cukup baik. Ke depan kita akan menggandeng pihak swasta,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Senin, 20 Februari 2023.

Menurut Menhub Budi, salah satu perusahaan perbankan nasional telah menyatakan akan berpartisipasi untuk menyediakan layanan angkutan feeder LRT Sumsel. “Yang akan datang ada sumbangan dari Bank Mandiri,” katanya.

“Melalui program CSR-nya, mereka akan memberikan angkutan feeder, tetapi bentuknya unik seperti angkutan feeder Jeepney yang ada di kota Manila, Filipina,” sambungnya.

Menhub Budi menuturkan bahwa Kota Palembang menjadi salah satu kota percontohan pengembangan angkutan massal perkotaan, karena memiliki layanan angkutan massal yang cukup lengkap mulai dari bus, LRT, angkot, sampai ke angkutan sungai dan danau, yang saling terhubung.

“Sejak diluncurkan pada tahun 2018, perkembangan LRT Sumsel luar biasa. Tahun 2019 penumpangnya mencapai 2,6 juta orang. Sempat menurun pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19 hanya 1,5 juta penumpang. Kemudian, pada tahun 2022 melonjak menjadi 3 juta lebih. Tahun 2023 ini kita harapkan naik signifikan menjadi 4 juta orang per tahun,” tukasnya.


Berita Terkait :