Komisi IV DPR RI Minta Perusahaan Swasta Bekerja Sama dengan Pelaku Budidaya Ikan Nila

Rahmad Novandri | Senin, 20/02/2023 16:30 WIB
Komisi IV DPR RI Minta Perusahaan Swasta Bekerja Sama dengan Pelaku Budidaya Ikan Nila Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini meminta para pelaku usaha seperti PT Amman Mineral Nusa Tenggara dan PT Sumbawa Timur Mining dapat bekerjasama dengan pembudidayaan ikan nila untuk menjadi pemasok kebutuhan mereka. Selain itu, Anggia juga meminta para perusahaan menjadi offtaker agar pelaku budidaya ikan nila bisa makin berkembang.

"Kita minta juga setiap semua kebutuhan, karena kalau PT Amman itu 10.500 karyawan, dengan 10.500 karyawan itu, kalau petani di sekitar, para pembudi daya ikan di sekitar, termasuk menyambung dengan tadi kita ketemu dengan pembudi daya ikan nila, lalu kemudian peternak sekitar itu menyediakan konsumsi dari 10.500 karyawan, itu sudah cukup," ujarnya usai memimpin Kunjungan Kerja (Kunker) masa reses Komisi IV DPR RI ke Lombok Tengah, Provinsi NTB, seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 20 Februari 2023.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga memaparkan tugas perusahaan sebagai offtaker kepada pembudidaya ikan nila. Tugas perusahaan itu memberikan pemberdayaan, melakukan kualifikasi yang bagus, standarnya itu diajarin, bagaimana caranya mempunyai standar yang bagus. 

"Ini yang menjadi konsentrasi kita. Termasuk didalamnya semalam, karena beberapa tailing, zona yang sudah disepakati dan sudah ditentukan oleh KLHK ternyata sudah melampaui. Itu juga menjadi konsentrasi kita dan nanti kita akan berlanjut lagi di Ruang Komisi untuk melihat perkembangan dari kasus itu," tuturnya.