Pertama di Indonesia, Pemkot Tangerang Gelar Penganugerahan `Satu Data Satu Peta`

M. Isa | Kamis, 16/02/2023 21:13 WIB
Pertama di Indonesia, Pemkot Tangerang Gelar Penganugerahan `Satu Data Satu Peta` Penganugerahan Satu Data Satu Peta mengenai simpul jaringan geospasial Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar ajang Penganugerahan Satu Data Satu Peta mengenai simpul jaringan geospasial di Swiss Belhotel, BSD, pada 15-16 Februari 2023.

Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Aris Marfai mengungkapkan, penganugerahan ini merupakan pertama kali yang ada di Indonesia untuk penghargaan bidang geospasial di tingkat Kabupaten/Kota.

“Harapannya penganugerahan ini mampu mendorong adanya regulasi, manajemen pengelolaan, sumber daya manusia, teknologi, standar data yang sama. Serta, mensosialisasikan pemanfaatannya bagi masyarakat secara lebih luas,” ungkapnya.

Sementara itu, Akademisi Universitas Gajah Mada (UGM) sekaligus Ketua Dewan Juri Penganugerahan Satu Data Satu Peta, Heri Sutanta mengatakan, penganugerahan ini menjadi momen apresiasi terhadap kinerja tiap OPD dan Kecamatan terkait pengembangan dan integrasi data dan simpul jaringan geospasial.

“Ini sangat efektif untuk menimbulkan semangat baru untuk memanfaatkan informasi geospasial terutama digunakan sebagai instrumen kebijakan,” kata Heri.

Untuk diketahui, penganugerahan miliki kategori nomisasi. Seperti, nominasi produsen data terbaik dimenangkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), nominasi simpul jaringan informasi geospasial terbaik dimenangkan oleh Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan. Terkahir, nominasi pemanfaatan terbaik, dan nominasi inovasi terbaik terkait Tangerang Satu Data Satu Peta diraih oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).


Berita Terkait :