Indonesia Punya 230 Bendungan, Menteri PUPR: Untuk Ketahanan Pangan

Rahmad Novandri | Rabu, 15/02/2023 18:52 WIB
Indonesia Punya 230 Bendungan, Menteri PUPR: Untuk Ketahanan Pangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan bendungan sebagai ketahanan air merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Kalau lahan tersebut bisa dilakukan dua kali tanam dalam setahun maka produksi pangan akan meningkat, dan inilah ketahanan pangan," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Sebagaimana disampaikannya, pemerintah menargetkan dapat membangun 61 bendungan. Saat ini, terang Basuki, Indonesia sudah mempunyai sekitar 230 bendungan dan berperan untuk menyimpan cadangan air baku.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR berkomitmen menyelesaikan pembangunan 61 bendungan pada periode 2014 - 2024, dan sampai tahun 2022 sudah menyelesaikan 38 bendungan. Kalau seluruh bendungan baru tersebut selesai maka nantinya akan bisa mendukung kurang lebih 20 persen lahan sawah.

Basuki mengatakan kalau lahan sawah tersebut airnya dipasok dari bendungan, maka lahan tersebut bisa diukur, pola tanamnya bisa diatur maka lahan sawah tersebut bisa dilakukan dua kali tanam dalam setahun.


Berita Terkait :