Presiden Jokowi Perintahkan Menteri ESDM Pastikan Pasokan Gas untuk Pupuk Aman

Rahmad Novandri | Selasa, 14/02/2023 19:08 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Menteri ESDM Pastikan Pasokan Gas untuk Pupuk Aman Menteri ESDM, Arifin Tasrif (Doc: Humas ESDM)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) perintahkan Menteri Energi dan SUmber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif untuk mengamankan pasokan gas untuk pabrik pupuk. Disampaikannya, pihaknya sudah menyiapkan skenario untuk memenuhi kebutuhan gas pada pabrik pupuk.

"(Arahan Presiden) agar diamankan pasokan gas dan kita sudah siapkan skenarionya," ujarnya dilansir dari antaranews, Selasa, 14 Februari 2023.

Arifin menyebut, suplai gas utamanya dikhususkan untuk industri-industri di Sumatera. "Untuk industri-industri terutama di Sumut (Sumatera Utara), yang kritis itu kan daerah di Aceh," tukasnya.

Diungkapkannya, hingga saat ini pasokan pupuk subsidi di dalam negeri sesungguhnya masih aman. "Ya pupuk yang subsidi kalau untuk pangan itu pupuk harga subsidi, jadi 'nggak' mahal dan pupuknya juga cukup. Alokasinya kan 7 juta ton sekian ya, untuk alokasi pupuk subsidi. Insya Allah aman kalau untuk mendukung kebutuhan pupuk, untuk pertanian bahan pangan ya," tandasnya.

Sebelumnya saat meresmikan pabrik pupuk nitrogen, phospor, dan kalium (NPK) PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) pada Jumat (10/2) di Aceh Utara, Provinsi Aceh, Presiden Jokowi meminta agar ada produksi pupuk nasional agar dapat mengatasi masalah pupuk yang dikeluhkan petani.


Berita Terkait :