Tingkatkan Faskes Ibu Hamil, Pemkot Tangerang Layani USG Gratis di Puskesmas

M. Isa | Kamis, 09/02/2023 22:20 WIB
Tingkatkan Faskes Ibu Hamil, Pemkot Tangerang Layani USG Gratis di Puskesmas Puskesmas memberikan pelayanan USG Gratis bagi ibu hamil (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berupaya meningkatan layanan kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan melakukan layanan Ultrasonografi (USG) secara gratis di 11 puskesmas di Kota Tangerang.

"Aturan ini, tentu sesuai dengan aturan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di fasilitas kesehatan pertama, yaitu puskesmas,” ungkap Kepala Puskesmas Cipondoh, dr Rizky Adiarti di Tangerang, Kamis, 9 Februari 2023.

Rizky mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan USG gratis tersebut. Masyarakat tak perlu ragu karena dilakukan oleh dokter yang professional.

“Tak perlu ragu, karena USG dilakukan oleh dokter puskesmas yang sudah terlatih melakukan USG, supaya dapat mendeteksi dini risiko kesehatan ibu dan bayi," kata Rizky.

Rizky menyampaikan jika puskesmas atau faskes pertama belum memiliki layanan USG, maka akan diberikan surat rujukan ke puskesmas yang memiliki layanan tersebut. Sehingga ibu hamil tetap dapat menikmati pemeriksaan USG secara gratis.

"Antusiasnya sejauh ini cukup luar biasa, sehari bisa melayani 30 ibu hamil. Alhamdulillah ibu hamil sudah kian sadar bahwa USG itu penting, untuk mengetahui dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada janin dalam kandungan. Jadi, ayo masyarakat Kota Tangerang khususnya wilayah Cipondoh untuk tidak ragu memanfaatkan layanan gratis ini," jelasnya.


Berita Terkait :