HPN 2023, Ketua DPR RI Dukung Jurnalisme Sehat dan Berkualitas

Rahmad Novandri | Kamis, 09/02/2023 17:56 WIB
HPN 2023, Ketua DPR RI Dukung Jurnalisme Sehat dan Berkualitas Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyoroti peran krusial pers di era kemajuan informasi. Karena itu, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2023, ia mengajak masyarakat Indonesia mendukung jurnalisme sehat dan berkualitas demi kemajuan pers nasional.

"Di tengah banjir bandang informasi, terutama dari media sosial, pers nasional harus semakin menguatkan posisinya sebagai clearing house. Sehingga, publik tidak terombang-ambing oleh desas-desus dan berita hoaks," tutur Puan dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Kamis, 9 Februari 2023.

Ia menyayangkan kini semakin banyak berita-berita hoaks yang menyebar di Indonesia. Sehingga, ia mengajak insan pers untuk tetap mengedepankan praktik jurnalisme yang sehat. Tidak hanya itu, dirinya mengingatkan, pers nasional mutlak harus memiliki independensi mengingat pers adalah pilar keempat demokrasi.

"Jurnalisme sehat dan bermutu juga sangat diperlukan menghadapi tahun politik. Publik harus diajak berpikir kritis dan substantif sehingga kehadiran pers nasional memperkuat dan menyehatkan demokrasi," tuturnya.

Dengan tema HPN 2023 Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat, ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung eksistensi pers nasional. "Kita tahu saat ini banyak media berkualitas yang juga sudah bermigrasi ke digital, tapi sayangnya masih sedikit masyarakat yang memilih untuk berlangganan," imbuh Politisi PDI-Perjuangan ini.

Puan juga mengajak seluruh insan pers untuk terus menanamkan nilai-nilai jurnalisme. Ia menyebut, pers harus terus menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Bagi insan pers, teruslah bekerja secara profesional dan bertanggung jawab sesuai Kode Etik Jurnalistik. Hadirkanlah produk-produk jurnalisme yang sehat, berkualitas, serta bermartabat," tandasnya.


Berita Terkait :