Jaga Tradisi, Gus Muhaimin Festival Gelar Lomba Karapan Sapi di Madura

Rahmad Novandri | Rabu, 08/02/2023 17:40 WIB
Jaga Tradisi, Gus Muhaimin Festival Gelar Lomba Karapan Sapi di Madura Gus Muhaimin Festival akan menggelar Lomba Karapan Sapi di Madura, Minggu (26/2). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Lomba Karapan Sapi (Bull Race) tradisional dalam rangka Gus Muhaimin Festival akan digelar pada Minggu, 26 Februari 2023 di Stadion Karapan Sapi R.P. Moch. Noer, Bangkalan. Selain merebutkan Piala Gus Muhaimin 2023, event ini wujud cinta pada tradisi karapan sapi di Pulau Madura.  

Syafiuddin yang diberi mandat oleh Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin untuk melaksanakan Karapan Sapi mengajak kepada masyarakat Madura, khususnya pemilik sapi karapan untuk mendaftar dan menjadi bagian meriahnya Gus Muhaimin Festival. 

"Kami harap dan mengajak para pemilik sapi karapan dari empat kabupaten di Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep) untuk menjadi bagian lomba kali ini," ungkapnya. 

Selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, anggota DPR RI Dapil Mandura yang punya tagline Song Osong Lombhung ini, juga berharap dengan lomba karapan sapi ini bisa jadi daya tarik para wisatawan dan kebangkitan ekonomi di Madura. 

"Semoga Gus Muhaimin Festival menjadi salah satu wadah melestarikan budaya, daya tarik bagi wisatawan juga menggairahkan roda ekonomi," imbuhnya. 

Tidak hanya itu, Ketua DPC PKB Bangkalan ini mengatakan bahwa karapan sapi dipilih sebagai bagian dari Gus Muhaimin Festival, karena ini bukan sekedar perlombaan, akan tetapi karapan sapi juga mencerminkan nilai-nilai luhur dalam kehidupan masyarakat Madura, seperti kerja keras, kerja sama, ketertiban dan persaingan.


Berita Terkait :