Terima Dewan Pers, Presiden Jokowi Tekankan Kebebasan Pers yang Bertanggung Jawab

M. Isa | Senin, 06/02/2023 19:34 WIB
Terima Dewan Pers, Presiden Jokowi Tekankan Kebebasan Pers yang Bertanggung Jawab Presiden Jokowi menerima dewan pers di Istana Merdeka, (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan anggota Dewan Pers periode 2022-2025 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (06/02/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kebebasan pers yang bertanggung jawab dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip dan etika jurnalistik.

“Bapak Presiden memberikan pesan penting bahwa jangan hanya bicara kebebasan pers, tetapi yang terpenting adalah pemberitaan yang bertanggung jawab,” Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Ninik menjelaskan, pemberitaan yang bertanggung jawab adalah pemberitaan yang dikonfirmasi kebenarannya menggunakan prinsip-prinsip etika jurnalistik yang baik.

“Jadi kalau cuma bebas sebebas-bebasnya tanpa tanggung jawab banyak nanti yang akan dirugikan apalagi menjelang pemilu,” ujarnya.

Selain itu, kata Ninik, pihak juga menyampaikan sejumlah program kerja besar Dewan Pers kepada Presiden Jokowi. Program-program tersebut meliputi pendataan ratifikasi pers, pengaduan dan penegakan etika pers, serta peningkatan kapabilitas wartawan.

“Kami sampaikan kepada Bapak Presiden hal-hal yang sudah kami capai dan PR-PR yang kami masih miliki karena jumlah pengaduan terus meningkat, tetapi ada beberapa upaya peningkatan kapasitas yang dilakukan, difasilitasi Dewan Pers dan tentu salah satunya adalah dukungan dari pemerintah,” jelasnya.


Berita Terkait :