Pemerintah Bakal Tingkatkan Konektivitas Transportasi di Aceh

M. Isa | Jum'at, 03/02/2023 21:57 WIB
Pemerintah Bakal Tingkatkan Konektivitas Transportasi di Aceh Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah berkomitmen akan meningkatkan konektivitas transportasi di Aceh melalui pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi baik di darat, laut, udara dan kereta api.

“Aceh adalah suatu provinsi yang memiliki potensi luar biasa. Untuk itu harus dibuat satu konektivitas yang lebih baik bagi masyarakat Aceh,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Gubernur Aceh, Jumat, 3 Januari 2023.

Menhub Budi menyampaikan, pihaknya akan melakukan sejumlah pembenahan di berbagai sektor. Diantaranya yaitu di sektor perhubungan laut.

“Sektor transportasi laut memiliki peran yang sangat penting untuk menghubungkan antar pulau seperti, Kepulauan Sabang,” tambahnya.

Menhub Budi berjanji akan mengkonsolidasikan sejumlah pelabuhan yang ada di Aceh dan mengusulkan pengelolaannya untuk diserahkan kepada BUMD. “Dengan dikelola BUMD kita harapkan pengelolaannya dapat memberikan nilai tambah ekonomi,” imbuhnya.

Selain itu, Pemerintah pusat juga mendukung keinginan Pemprov Aceh untuk membangun dry port. Diharapkan akan semakin membuat harga barang/logistik di Aceh semakin kompetitif. Begitu juga dengan penerbangan perintis.

“Saya mengajak para kepala daerah untuk bersama-sama memberikan subsidi berupa block seat kepada maskapai agar tidak merugi. Kita bisa lakukan subsidi selama tiga bulan di awal,” tukasnya.