Pemerintah Siapkan Langkah Strategis Hadapi Potensi Kekeringan di Sejumlah Daerah

Rahmad Novandri | Jum'at, 27/01/2023 20:09 WIB
Pemerintah Siapkan Langkah Strategis Hadapi Potensi Kekeringan di Sejumlah Daerah KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk menghadapi potensi kekeringan di sejumlah daerah tahun ini. Langkah strategis tersebut, menurut Kiai Maruf, tengah disiapkan pemerintah dengan berkoordinasi bersama pemerintah daerah.

"Ada langkah-langkah strategis, misalnya patroli kebakaran, adanya berbagai langkah-langkah yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkoordinasi dengan TNI/Polri, dan juga kesiapan pemerintah daerah," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Jumat, 27 Januari 2023.

Selain dari sisi teknis, lanjutnya, langkah substantif dan koordinatif juga telah dilakukan Pemerintah melalui rapat koordinasi tingkat menteri yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan diikuti jajaran KLHK guna mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi. Dalam rapat tersebut, salah satunya mematangkan upaya-upaya mitigasi maupun antisipasi yang disempurnakan dari pengalaman terdahulu.

"Pengalaman selama ini akan kami tingkatkan. Berdasarkan prediksi, sudah disiapkan mitigasi dan antisipasi," tambahnya.