Pemerintah Tinjau Lokasi KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo

M. Isa | Jum'at, 27/01/2023 17:16 WIB
Pemerintah Tinjau Lokasi KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo Labuan Bajo menjadi lokasi Pertemuan KTT ASEAN Summit 2023 (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Tahun 2023 ini, Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Chairmanship ASEAN 2023. Secara otomatis Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Summit 2023.

Untuk mempersiapkan pertemuan bergengsi se Asia Tenggara itu, Pemerintah Indonesia memilih Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai lokasi KTT pada Mei 2023 mendatang.

Nah, dalam rangka persiapan ASEAN Summit 2023, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi meninjau sejumlah infrastruktur di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis-Jumat, 26-27 Januari 2023.

Infrastruktur yang ditinjau diantaranya yaitu Kawasan Waterfront Marina yang diresmikan pada Juli 2022 dan Puncak Waringin yang diresmikan pada Oktober 2021 oleh Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta agar pemerintah daerah mengoptimalkan pengelolaannya agar termanfatkaan dan terpelihara.

"Kawasan ini sudah kita bangun sebagus mungkin dengan anggaran yang tidak sedikit, jadi saya mohon kepada Pak Bupati dan mitra kerja agar fasilitas dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Terutama tanamannya harus rutin disiram minimal dua kali sehari agar tidak mati serta dijaga kebersihannya," kata Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, penataan Kawasan Waterfront Marina bertujuan untuk menciptakan ruang terbuka dan ruang aktivitas kreatif bagi masyarakat dan wisatawan untuk menikmati keindahan laut Labuan Bajo.

“Sementara Puncak Waringin dibangun dengan tujuan sebagai creative hub dan pusat suvenir yang mengusung kearifan local,” tukasnya.