Komisi VII DPR Sambut Baik Rencana AS Ingin Kerja Sama PLTN

M. Isa | Selasa, 17/01/2023 18:13 WIB
Komisi VII DPR Sambut Baik Rencana AS Ingin Kerja Sama PLTN Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Komisi VII DPR RI menyambut baik rencana Amerika Serikat yang ingin bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam bidang nuklir, terutama untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

“Hari ini Komisi VII DPR RI menerima delegasi dari Amerika Serikat, yang tujuan utamanya menjelaskan rencana kerjasama yang ditawarkannya kepada Indonesia, dalam bidang tenaga nuklir. Termasuk salah satunya sedang menjajaki kerjasama nuklir di Kalimantan Barat,” kata Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 17 Januari 2023.

Namun di sisi lain, kata Sugeng Suparwoto, Indonesia perlu energi bersih dengan telah menandatangani Paris Agreement. Bahkan Indonesia juga sudah mencanangkan net zero emission di tahun 2060 mendatang, dimana bauran energi nuklir masuk di dalamnya.

Ia juga tak memungkiri bahwa selama ini masyarakat identik memandang nuklir sebagai sebuah bom yang mengerikan. Padahal dalam kenyataannya, nuklir menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.

“Pemahaman atau sosialisasi memang sangat dibutuhkan. Pasalnya selama ini nuklir identik dengan bom ini padahal tidak. Indonesia sendiri nuklir sudah mulai digunakan sejak lama yakni untuk keperluan lain seperti nuklir untuk medis, untuk pertanian dengan pendekatan-pendekatannya menggunakan teknologi nuklir,” imbuhnya.

“Bahkan kita punya pembangkit listri siwabessy. Namun yang ada dalam gerak masyarakat energi itu selalu hal yang menakutkan, padahal ini untuk energi. Inilah yang harus disosialisasikan ke masyarakat,” sambungya.

Sementara itu,  untuk isu lingkungan, lanjutnya, limbah nuklir itu tetap harus ditangani secara baik termasuk efek-efek lingkungan lainnya, apa sudah tertangani dengan baik atau tidak.

“Kita sudah berpengalaman punya pembangkit listrik tenaga nuklir di Siwabessy di Serpong misalnya, pembangkit Kartini yang merupakan pembangkit riset, tapi kurang lebih sama, kita sudah belajar sejak 60-an tentang berbagai persoalan nuklir kita juga punya kampus dengan teknologi nuklir,” tukasnya.


Berita Terkait :