Gelar Apel Bulan K3 Nasional, Menteri Ida: Cegah TBC di Tempat Kerja

M. Isa | Kamis, 12/01/2023 17:53 WIB
Gelar Apel Bulan K3 Nasional, Menteri Ida: Cegah TBC di Tempat Kerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat memimpin Apel Pencanangan Bulan K3 Nasional di Sukabumi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar peringatan dan pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 di Amerta Indah Otsuka (AIO) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023).

Saat memimpin apel, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan, salah satu isu yang ditekankan dalam peringatan Bulan K3 Nasional kali ini adalah penanggulangan Tuberkolosis (TBC) di tempat kerja.

"Dalam peringatan Bulan K3 Nasional Tahun ini, hal yang penting kita fokuskan bersama-sama adalah masalah kesehatan tenaga kerja yakni masih tingginya penderita TBC di tempat kerja," kata Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah mengatakan, sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah dalam meningkatkan program K3, khususnya upaya percepatan penanggulangan TBC untuk mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2030, Kemnaker telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuborkulosis di Tempat Kerja, sebagai tindak lanjut amandemen Peraturan Presiden RI (Perpres) Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan TBC.

"Diharapkan  manajemen atau penyedia kerja dapat berpartisipasi aktif terhadap penanggulangan TBC di tempat kerja, dimulai dari saat seleksi pekerja, higiene sanitasi di tempat kerja, hingga gotong royong perbaikan perumahan pekerja," tukasnya.


Berita Terkait :