Taufik Basari Usulkan Bab Pendidikan Kedokteran dalam RUU Kesehatan

M. Isa | Rabu, 11/01/2023 18:32 WIB
Taufik Basari Usulkan Bab Pendidikan Kedokteran dalam RUU Kesehatan Dokter dan tenaga medis (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Taufik Basari menyampaikan saran pentingnya memasukkan bab mengenai pendidikan kedokteran dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan.

“Karena ini bentuknya Omnibus, kami memandang penting pendidikan kedokteran masuk dalam RUU tentang Kesehatan. Terlebih, DPR sudah selesai membahas RUU Dikdok namun sampai saat ini pemerintah belum juga mengirim DIM,” ujar Taufik Basar dilansir dpr, Rabu, 11 Januari 2023.

Adapun saat ini pembahasan RUU tentang Kesehatan di Badan Legislasi saat ini masih menunggu draf UU yang disusun Tim Ahli Baleg selesai. “Untuk itu, kami minta tim ahli menelusuri masukan dari stakeholder yang kemarin sudah kita dengar. Apa yang menjadi kekhawatiran perlu kita telusuri dan akomodir dalam draf UU,” sebut Tobas, sapaan akrabnya.

Ia mengingatkan Bab XVIII tentang Pidana harus senafas, sejiwa dan sejalan dengan Kitab  Undang-Undang Hukum Pidana ( KUHP) yang baru.

“Komisi III sudah menyetujui KUHP menjadi UU dan sudah diundangkan oleh Presiden. Walaupun UU itu baru berlaku 3 tahun lagi tapi KUHP harus menjadi lex specialis UU lainnya,” tukasnya.


Berita Terkait :