BNPB: 92 Rumah Warga Tanimbar Rusak Akibat Gempa Bumi

M. Isa | Selasa, 10/01/2023 22:41 WIB
BNPB: 92 Rumah Warga Tanimbar Rusak Akibat Gempa Bumi Rumah rusak akibat gempa bumi (Foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Sebanyak 92 rumah warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, mengalami kerusakan saat gempa magnitudo (M)7,5 terjadi pada Selasa (10/1/23), pukul 02.47 WIT.

Kerusakan tidak hanya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pusdalops BNPB mendapatkan laporan dampak di Kabupaten Maluku Barat Daya. Sebanyak 9 rumah warga rusak berat, sedangkan 23 lainnya rusak ringan. Selain itu, 2 fasilitas pendidkan mengalami rusak berat.

“Sebagian besar kerusakan di Kabupaten Maluku Barat Daya berada di Desa Watuwei dan Letmasa, Kecamatan Dawelor Dawera,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Selasa, 10 Januari 2023.

BPBD Provinsi Maluku telah melakukan pertemuan koordinasi untuk mendukung penanganan darurat denganmembantu pengelolaan data dan informasi, “Bantuan logistik dari pemerintah provinsi berupa beras, tikar, selimut, family kits, tenda gulung, kids ware dan obat-obatan,” tambahnya.

Sebagai informasi, gempa bumi M7,5 berpusat pada 136 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 130 km. Berselang beberapa waktu kemudian, gempa susulan terjadi dengan magnitudo (M)5,5, tepatnya pukul 01.10 WIB atau 03.10 waktu setempat.

TAG : Gempa , BNPB