Presiden Jokowi Targetkan Enam Bendungan di NTB Rampung 2023

M. Isa | Kamis, 29/12/2022 16:00 WIB
Presiden Jokowi Targetkan Enam Bendungan di NTB Rampung 2023 Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Beringin Sila NTB (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Beringin Sila yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (29/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berharap dengan keberadaan bendungan ini produktivitas pertanian di wilayah sekitar dapat meningkat dengan pesat.

“Kita harapkan di Kabupaten Sumbawa, khususnya yang dulunya mungkin bisa panen sekali, nanti para petani bisa panen dua kali atau tiga kali. Harapan kita, produktivitas pertanian di Provinsi Nusa Tenggara bisa meningkat secara drastis,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan, Bendungan Beringin Sila adalah bendungan ke-35 yang telah selesai dikerjakan selama kurun waktu delapan tahun. Untuk di NTB sendiri, bendungan ini adalah bendungan keempat yang telah diresmikan.

Tiga bendungan sebelumnya adalah Bendungan Tanju, Bendungan Mila, dan Bendungan Bintang Bano. Sedangkan dua bendungan lain yang belum selesai yaitu Bendungan Tiu Suntuk dan Bendungan Meninting.

“Sudah selesai empat, tinggal dua. Enam itu sudah banyak banget, tinggal didistribusi dengan irigasi,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menekankan, pembangunan bendungan sangat penting untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ketahanan air karena air adalah kunci dari ketahanan tersebut.

“Untuk NTB yang sering kesulitan air, saya kira untuk air baku ini juga penting, untuk mengairi pertanian, untuk irigasi pertanian, penting karena air adalah kunci,” tandasnya.


Berita Terkait :