RSUD NTB Berhasil Operasi Jantung Terbuka Pertama

M. Isa | Senin, 19/12/2022 17:46 WIB
RSUD NTB Berhasil Operasi Jantung Terbuka Pertama Ruang Operasi (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah berhasil melakukan operasi jantung terbuka pertama. Keberhasilan itu merupakan bagian dari upaya pengampuan dari RS Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

“Saya bangga sekali, ini merupakan salah satu provinsi di luar Jawa yang maju. Saya doakan semoga RSUD NTB bisa terus maju bukan hanya di layanan jantung tapi juga di layanan stroke, kanker, dan juga yang terkait dengan ginjal,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rilisnya, Senin, 19 Desember 2022.

Menkes Budi Sadikin menjelaskan operasi jantung terbuka adalah operasi jantung yang menggunakan heart lung machine. Artinya operasi dilakukan dengan menjadikan fungsi jantung dan fungsi paru diambil alih oleh mesin. Prosesnya dilakukan dengan membuka dada pasien untuk memasangkan saluran-saluran dari mesin ke jantung.

“Persiapan layanan operasi jantung terbuka ini dilakukan cukup singkat kurang dari 1 tahun. Mulai dari SDM sudah disekolahkan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan, kamar operasi, ICU serta flow pasien pun sudah dipersiapkan dengan baik,” jelas Menkes Budi.

Sementara itu, Direktur RSUD NTB dr. Lalu Herman Mahaputra, mengatakan terlaksananya operasi jantung terbuka pertama ini berkat adanya program dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait jejaring pengampuan layanan spesialis jantung di 34 provinsi.

“Tentunya dengan bantuan teman-teman dari RS Harapan Kita Insya Allah ke depan RSUD Provinsi NTB bisa mandiri dan kami juga RSUD Provinsi NTB nantinya akan memberikan pengampuan kepada rumah sakit – rumah sakit sekitar,” ungkap dr. Lalu.


Berita Terkait :