Tingkatkan Konektivitas dan Dukung Nataru, Pemerintah Siapkan Infrastruktur Jalan Tol

M. Isa | Rabu, 07/12/2022 21:43 WIB
Tingkatkan Konektivitas dan Dukung Nataru, Pemerintah Siapkan Infrastruktur Jalan Tol Jalan tol (foto: pu)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus menyelesaikan pembangunan jalan tol dalam rangka meningkatkan konektivitas antar daerah.

Dua ruas jalan tol siap beroperasi tersebut adalah Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km dan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Sementara itu, untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap.

“Jalan tol yang disiapkan fungsional mendukung arus lalu lintas Nataru adalah Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Rabu, 7 Desember 2022.

Selain itu, kata Menteri Basuki, ada Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2,  Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru, Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjang 7,45 km dan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km.

“Jalan tol siap fungsional pada Nataru selanjutnya adalah Jalan Tol  Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km. Progres konstruksi Tol Tebing Tinggi-Indrapura sebesar 94,7% dengan target selesai akhir Desember 2022,” tukasnya.


Berita Terkait :