Kemenhub Optimis Penyerapan Anggaran Sesuai Target Hingga Akhir 2022

M. Isa | Kamis, 24/11/2022 18:36 WIB
Kemenhub Optimis Penyerapan Anggaran Sesuai Target Hingga Akhir 2022 Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Perhubungan per 23 November 2022 mencapai 75,63 persen atau Rp. 25,35 triliun dari total pagu anggaran sebesar Rp. 33,51 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku optimis penyerapan anggaran hingga akhir 2022 mendatang mencapai target yang telah ditetapkan.

“Kami optimistis penyerapan anggaran hingga akhir tahun 2022 akan mencapai target yang ditetapkan yaitu 97,25 persen,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat raker Bersama Komisi V DPR RI di Gedung Nusantara, Jakarta, Kamis, 24 November 2022

Menhub Budi mengaku akan terus mengawal kinerja jajaran Kemenhub untuk memastikan tercapainya target serapan, “Secara konsisten kami melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala kepada seluruh satuan kerja sampai ke tingkat bawah (eselon III),” ucapnya.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan Kemenhub untuk mengoptimalkan kinerja anggaran yaitu dengan mengalihkan atau merevisi anggaran yang berpotensi tidak terserap ke program kegiatan yang masih kekurangan anggaran dan prioritas bagi kebutuhan dasar masyarakat.

“Anggaran angkutan perintis udara dan laut hanya cukup sampai bulan Oktober dan sudah kami alihkan dari kegiatan yang berpotensi tidak terserap anggarannya,” katanya.


Berita Terkait :