Hadiri KTT IMT-GT, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Implementasi Cetak Biru

M. Isa | Kamis, 10/11/2022 23:07 WIB
Hadiri KTT IMT-GT, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Implementasi Cetak Biru Konferensi Tingkat Tinggi Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT) foto: setpres

RADARBANGSA.COM – Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-40, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Phnom Penh, Kamboja, Kamis, 10 November 2022. Dalam pertemuan ini, menghasilkan pengesahan cetak biru untuk 2022-2026.

Presiden Jokowi mengatakan, cetak biru tersebut merupakan langkah awal yang implementasinya harus terus dikawal untuk mewujudkan visi IMT-GT 2036. Menurutnya, Gross Domestic Product (GDP) ketiga negara ini meningkat 39 persen meski dilanda pandemi.

“Sepanjang 2014 – 2021, GDP IMT-GT meningkat sebesar 39% bahkan di masa pandemi. Ke depan komitmen ini harus diperkuat terlebih pada kondisi dunia yang semakin kompleks dengan ancaman resesi global tahun 2023,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, dukungan pemerintah dan stakeholders dalam implementasi di lapangan sangatlah menentukan. Untuk itu, ia mengemukakan tiga fokus utama yang bisa dilakukan ke depan. Mulai dari membangkitkan sektor pariwisata sub-kawasan, mempercepat pembangunan hard dan soft infrastructure, dan mewujudkan ekonomi sub-kawasan yang hijau dan berkelanjutan.

“Saya mengundang partisipasi aktif negara-negara IMT-GT untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik sebagai Epicentrum of Growth,” tukas Presiden Jokowi.


Berita Terkait :