200 Vial Obat Gangual Ginjal Akut Pada Anak Telah Tiba di Indonesia

M. Isa | Senin, 31/10/2022 22:16 WIB
200 Vial Obat Gangual Ginjal Akut Pada Anak Telah Tiba di Indonesia Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, obat gangguan ginjal akut injeksi, Fomepizole 1,5 mililiter dalam bentuk vial yang didatangkan langsung dari Jepang telah tiba di Indonesia pada Sabtu (29/10/2022) lalu.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, sebanyak 200 vial itu merupakan donasi dari PT Takeda Indonesia, “Hibah ini dilaksanakan dengan itikad baik atas nama kemanusiaan untuk kepentingan kesehatan anak Indonesia,” katanya.

Pemerintah akan mendistribusikan obat tersebut sesuai yang dibutuhkan kepada seluruh rumah sakit rujukan tingkat propinsi di Indonesia, ”Obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien di Indonesia,” ujar Menkes Budi.

Diketahui, Indonesia telah mendatangkan Fomepizole dari Singapura, Australia, dan Jepang. Saat ini sedang dijajaki peluang mendatangkan Fomepizole dari Amerika Serikat dan Kanada.

”Ini upaya yang kita lakukan untuk melakukan pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal. Kita akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit pemerintah yang merawat pasien gangguan ginjal akut,” tukasnya.


Berita Terkait :