Pemerintah Bakal Lengkapi Fasilitas Puskesmas dan Posyandu

M. Isa | Kamis, 20/10/2022 18:32 WIB
Pemerintah Bakal Lengkapi Fasilitas Puskesmas dan Posyandu Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melengkapi fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di berbagai daerah.

“Puskesmas dan Posyandu memiliki peran untuk menjaga masyarakat tetap sehat,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Saat melakukukan kunjungan kerja ke Kabupaten Timur Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 19 Oktober 2022 kemarin, Menkes Budi menyampaikan bahwa di Kabupaten Timur Tengah Selatan terdapat 37 Puskesmas. Sebanyak 22 Puskesmas di antaranya merupakan Puskesmas prototipe dengan sarana prasarana memadai. Sisanya 15 Puskesmas belum prototipe.

Selain itu, dari 37 Puskesmas hanya 3 Puskesmas yang memiliki ambulans dan Puskesmas keliling. Sisanya hanya memiliki satu mobil ambulans yang juga berfungsi sebagai Puskesmas keliling.

“Saya titip Puskesmas dan Posyandu alat-alatnya akan dilengkapi, kader-kadernya akan diperhatikan, tenaga kesehatannya akan kita isi, dan mudah-mudahan bisa nanti membuat kesehatan Indonesia lebih baik,” ujar Menkes Budi.

Menkes Budi menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan di Puskesmas dan Posyandu merupakan upaya dari integrasi layanan primer (ILP) dalam mewujudkan transformasi layanan primer di Indonesia.

“Karena selama ini banyak program kita yang mengarah kepada bagaimana orang sakit itu disembuhkan. Padahal yang terpenting adalah menjaga masyarakat tetap sehat,” tukasnya.