Pemerintah Kembali Lakukan Penilaian Kualitas Layanan Jalan Tol di Jawa Hingga Kalimantan

M. Isa | Selasa, 11/10/2022 21:58 WIB
Pemerintah Kembali Lakukan Penilaian Kualitas Layanan Jalan Tol di Jawa Hingga Kalimantan Gerbang Tol (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan penilaian terhadap kualitas layanan jalan tol dan rest area berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan (JTB) Tahun 2022 ini dilakukan mulai 26 September hingga 6 November 2022 terhadap 47 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), 67 ruas jalan tol, dan 136 rest area yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Ia menekankan pada kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan.

"Kami meyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest area-nya,” kata Menteri Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Selasa 11 Oktober 2022.

Seraya menambahkan, Tim Ahli/Pakar Penilaian JTB Endang Setyaningrum mengatakan, pada tahun ini aspek beutifikasi juga menjadi indikator penilaian agar jalan tol maupun rest area terlihat lebih indah dan nyaman.

"Jalan tol juga harus memiliki aspek hemat energi listrik, baik di jalan tolnya sendiri maupun di rest area, misalkan saja lampu-lampu bisa menggunakan tenaga matahari," tutur Endang.

TAG : Jalan Tol , PUPR

Berita Terkait :