Ciptakan SDM Unggul, Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Industri Didorong Kolaborasi

M. Isa | Senin, 10/10/2022 22:58 WIB
Ciptakan SDM Unggul, Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Industri Didorong Kolaborasi Industri Garmen Dalam Negeri (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong pemerintah, perguruan tinggi, dan industri berkolaborasi dalam mencetak banyak sumber daya manusia (SDM) unggul di Indonesia.

“Kita harus menyiapkan SDM yang berkualitas sehingga Indonesia bisa melakukan lompatan kemajuan dan mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lain,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Tangerang, Minggu, 9 September 2022.

Berdasarkan data nilai Global Talent Competitiveness Index (GTCI) 2021, kata Menhbu Budi, Indonesia menempati peringkat 80 dari 134 negara. Salah satu faktor penyebab masih rendahnya peringkat daya saing SDM Indonesia yaitu: ketidaksesuaian antara keterampilan dari pendidikan dengan kebutuhan industri.

“Keterampilan saja tidak cukup, harus diikuti link and match atau kesesuaian dengan kebutuhan industri, sehingga serapan SDM menjadi optimal,” jelasnya.

Pemerintah lanjut, Menteri Budi, melalui Kementerian Perhubungan telah melakukan sejumlah kolaborasi dengan perguruan tinggi dan industri, untuk mencetak SDM unggul di bidang transportasi. Salah satunya kerja sama dengan perguruan tinggi negeri dalam negeri dan internasional, untuk menyediakan program double degree, di antaranya yaitu dengan Universitas lndonesia (Ul) dan University of Leeds Inggris untuk Program Moda Transportasi Jalan, dan juga Universitas Gajah Mada dan University of Leeds Inggris untuk Program Moda Perkeretaapian.

“(Termasuk) kerja sama juga dilakukan langsung dengan industri yakni antara Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) dengan International Air Transport Association (IATA) melalui program pendidikan dan pelatihan di sektor transportasi udara,” tukasnya.

TAG : SDM Unggul

Berita Terkait :