Pemerintah Terus Tingkatkan Pelayanan Akses Air Minum Aman bagi Masyarakat

M. Isa | Kamis, 06/10/2022 22:24 WIB
Pemerintah Terus Tingkatkan Pelayanan Akses Air Minum Aman bagi Masyarakat Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Perhelatan Indonesia Water Forum (IWF) kembali diselenggarakan tahun ini di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.

Saat memberikan sambutan dalam acara yang digelar oleh Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai poin ke enam (6) dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Air Bersih dan Sanitasi Layak dengan cara meningkatkan akses air minum dan sanitasi aman serta berkelanjutan bagi semua.

“Kementerian PUPR sendiri telah melaksanakan berbagai percepatan peningkatan pelayanan air minum bagi masyarakat. Antara lain melalui pembangunan SPAM yang  ditingkatkan melalui hulu dengan memanfaatkan 61 bendungan baru untuk meningkatkan akses air minum,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimulyono.

Selain melakukan pembangunan SPAM, lanjut Menteri Basuki, pihaknya juga meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusianya dalam mengelola Air Minum, “Kami sadar, dalam peningkatan akses air minum dan sanitasi yang aman dan berkelanjutan tidak hanya dari segi infrastrukturnya saja tetapi juga dari SDM-nya,” lanjutnya.

Terakhir, Menteri Basuki mengakui bahwa kegiatan Indonesia Water Forum 2022 merupakan batu loncatan dalam menyiapkan agenda World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada tahun 2024 mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi niat baik dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) yang berinisiatif mengadakan Indonesia Water Forum 2022 sebagai wadah silaturahmi kita dalam melayani masyarakat,” tukasnya.


Berita Terkait :