Ketahanan Pangan Jadi Kunci Hadapi Resesi Global

M. Isa | Kamis, 06/10/2022 22:12 WIB
Ketahanan Pangan Jadi Kunci Hadapi Resesi Global Petani Jagung (Doc: Kementan)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, ketahanan pangan merupakan kunci antisipasi resesi global 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan pada saat agenda sesi ketiga The 8th Parliamentary Speakers’ Summit (P20) ‘Effective Parliament Vibrant Democracy’ di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.

“Kita berdiskusi memberikan masukan dan komitmen agar hal-hal itu bisa dilakukan bersama dalam situasi menuju tahun 2023,” kata Puan Maharani.

Menurut Puan Maharani, Indonesia sudah melakukan hal-hal yang semestinya dilakukan dalam menjaga kestabilan situasi menuju tahun 2023 yang diprediksi akan terjadi resesi global tersebut.

“(Dengan) memberikan kompensasi sosial kepada masyarakat aga bisa bertahan hidup dalam situasi yang terbilang belum tentu mudah dalam menyongsong tahun 2023 kedepan,” imbuhnya.

Selain pangan, aspek lain yang tak kalah pentingnya adalah upaya dari segenap parlemen dunia dalam menjaga mata rantai dari pasokan pangan dan juga energi yang harus selalu dilakukan khususnya oleh negara-negara yang mempunyai empat musim sebagai wujud antisipasi resesi global yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2023 mendatang.

“Jangan  sampai ada satupun negara yang kemudian tertinggal serta jangan ada  juga satu negara yang merasa kuat sendirian,” tukasnya.