Indonesia-Singapura Jajaki Kerja Sama Wisata Kapal Pesiar

M. Isa | Jum'at, 30/09/2022 22:41 WIB
Indonesia-Singapura Jajaki Kerja Sama Wisata Kapal Pesiar Cruises Genting Dream (foto: wikipedia)

RADARBANGSA.COM – Indonesia dan Singapura membahas potensi kerja sama wisata kapal pesiar atau cruise untuk meningkatkan industri pariwisata di tanah air.

“Kita baru saja membicarakan beberapa agenda untuk membahas potensi wisata kapal pesiar atau cruise yang bisa dikoneksikan ke Bintan kemudian berhenti di Belitung, dan lanjut ke Bali,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong di Singapura, Jumat, 30 September 2022.

Dikutip laman parekraf, Menteri Sandiaga berharap kerja sama wisata kapal pesiar itu dapat terlaksana sehingga meninggkatkan pariwisata, “Semoga ini bisa dikembangan untuk menjaring wisatawan mancanegara dan membangkitkan ekonomi di tanah air,” harapnya.

Sebagai catatan, Cruises Genting Dream memiliki total kapasitas 3.500 kamar. Sementara untuk Royal Caribbean Cruises mencapai 4.800 kamar.

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara menggunakan satu kapal pesiar jumlahnya hampir 6 kali lipat dengan yang datang menggunakan pesawat.

“Sasaran kami adalah meningkatkan jumlah wisman dari kapal pesiar. Sebab potensinya masih sangat besar. Para wisatawan cruise ini bisa kita arahkan untuk berkunjung ke destinasi-destinasi serta ditawari produk-produk UMKM,” tukasnya.


Berita Terkait :