Cegah Penyakit Jantung, Pemerintah Lakukan Penguatan Kesehatan Primer

M. Isa | Kamis, 29/09/2022 22:03 WIB
Cegah Penyakit Jantung, Pemerintah Lakukan Penguatan Kesehatan Primer Ilustrasi jantung (gambar: klikdokter)

RADARBANGSA.COM -Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan penguatan layanan kesehatan di tingkat primer. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini dan mencegah penyakit jantung.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dr. Eva Susanti mengatakan, Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia.

“Untuk mengatasi masalah penyakit jantung di Indonesia, Kemenkes melakukan penguatan pada layanan primer melalui edukasi penduduk, pencegahan primer, pencegahan sekunder, dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan primer,” ujar Eva Susanti dalam rilisnya, Kamis, 29 September 2022.

“Berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia,” tambahnya.

Bahkan, kata Eva, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan tren peningkatan  penyakit jantung yakni 0,5% pada 2013 menjadi 1,5% pada 2018. “Penyakit jantung ini menjadi beban biaya terbesar. Berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021 pembiayaan kesehatan terbesar ada pada penyakit jantung sebesar Rp7,7 triliun,” tukasnya.

Sementara itu, terkait pencegahan primer dilakukan dengan penambahan imunisasi rutin menjadi 14 antigen dan perluasan cakupan di seluruh Indonesia, “Pada pencegahan sekunder dilakukan skrining 14 penyakit penyebab kematian tertinggi di tiap sasaran usia, skrining stunting dan peningkatan ANC untuk kesehatan ibu dan bayi,” tukasnya.


Berita Terkait :