Pemerintah Dorong Inovasi Kendaraan Listrik yang Lebih Ekonomis

M. Isa | Rabu, 28/09/2022 20:09 WIB
Pemerintah Dorong Inovasi Kendaraan Listrik yang Lebih Ekonomis Pameran kendaraan listrik di IEMS, JCC (foto: kemenhub)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah mendorong sektor industri, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama pemerintah berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik dengan harga yang lebih ekonomis.

“Kalau harga motor listrik 16 juta dengan kondisi motor yang menarik dan kualitas baterai yang baik, ini akan sangat menarik bagi masyarakat,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di JCC, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.

Menhub Budi menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis yakni membuat baterai yang kompetitif, produksi dalam negeri, dan pengisian statius pengisian baterai lebih banyak.

“Apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif lebih murah,” ucapnya.

Menhub Budi berharap dengan kendaraan listrik yang murah akan disukai masyarakat luas, “Pada titik tertentu akan terjadi jumlah ledakan antara produksi dengan pengguna kendaran listrik. Saya yakin kendaraan listrik memiliki masa depan yang baik,” katanya.

Diketahui, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar kegiatan pameran kendaraan listrik, IEMS di JCC pada 28-30 September 2022 dengan mengusung tema “Strengthening Autonomous Ecosystem".