Ke Blitar, Gus Muhaimin Serahkan Bantuan Ratusan Ribu Bibit Ikan hingga Alsintan

Rahmad Novandri | Rabu, 28/09/2022 12:11 WIB
Ke Blitar, Gus Muhaimin Serahkan Bantuan Ratusan Ribu Bibit Ikan hingga Alsintan Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin menyerahkan bantuan pertanian di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (28/9). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyerahkan ratusan ribu benih ikan berbagai jenis kepada kelompok nelayan dan pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. 

Bantuan tersebut membuat para nelayan dan pembudidaya ikan Kabupaten Blitar sumringah. Gus Muhaimin pun berpesan agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mereka.

“Hari ini saya menyerahkan ratusan ribu benih ikan, ada 120.000 benih lele, 30.000 benih koi, 120.000 nila untuk bapak ibu sekalian. Ini bantuannya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sempat ada yang bilang dulu benihnya kecil dan kurang bagus, nah sekarang udah gede dan super,” kata Gus Muhaimin di Pendopo Kabupaten Blitar, Selasa, 27 September 2022.

Selain itu, Gus Muhaimin juga menyerahkan bantuan Kebun Bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara (Bang Pesona) dan Kebun Bibit Rakyat (KBR) masing-masing di 4 titik. Ia menyatakan, bantuan itu diberikan untuk memberdayakan perekonomian masyarakat setempat.

“Bang Pesona itu yang 60 persennya bisa untuk kegiatan tanaman, yang 40 persennya bisa untuk kegiatan lain seperti ternak, budi daya. Tentu ini bagus, saya harap ekonomi masyarakat bisa lebih berdaya,” terangnya.

Tak hanya itu, Gus Muhaimin juga menyerahkan bantuan holtikultura bagi para petani di Blitar berupa 10 hektar bawang merah, 10 hektar kampong cabai, dan 150 hektar rawat ratoon. Ia juga memberikan 100 ekor sapi dan puluhan jenis alat mesin pertanian (Alsintan).

Secara khusus ia mengapresiasi kinerja Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi PKB, Anggia Ermarini yang sudah memperjuangkan masa depan petani dan nelayan Blitar. “Saya ke sini bersama ibu Anggia Ermarini, beliau ini Wakil Ketua Komisi IV DPR, wakilnya bapak ibu sekalian. Berkat bu Anggi bapak ibu sekalian bisa mendapat bantuan-bantuan ini,” tutur Gus Muhaimin.

Sementara itu, Anggia Ermarini optimis seluruh bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Blitar dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka, terutama yang berada di kawasan hutan. Anggia yakin warga setempat bisa memiliki sumber penghasilan lebih apabila seluruh bantuan itu mampu dioptimalkan.

“Komitmen saya, Gus Muhaimin, PKB itu satu, bagaimana kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Karena itu, melalui penyerahan bantuan-bantuan itu kami optimis perekonomian masyarakat bisa membaik, mereka bisa lebih sejahtera lagi,” kata Anggia.

Bupati Blitar Rini Syarifah mengapresiasi Gus Muhaimin dan jajaran anggota Fraksi PKB DPR RI, terutama di Komisi IV. Ia optimis seluruh bantuan yang sudah disalurkan dapat memacu semangat warga Blitar untuk lebih mandiri.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Cak Imin, kepada Komisi IV DPR RI yang pada hari ini telah memberikan bantuan berupa benih ikan, bioflog, alsintan dan bantuan lainnya. Tentu bantuan ini sebagai pemacu semangat kami untuk membangun desa agar lebih mandiri dan berkontribusi dalam ketahanan pangan,” ucap Bupati Rini.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI sekaligus Sekjen DPP PKB M. Hasanuddin Wahid, Pengasuh Ponpes al-Falah Ploso KH. Abdurrahman Al Kautsar, Anggota DPRD Fraksi PKB Provinsi Jatim Ahmad Tamim, Sekretaris DPC PKB Blitar Rivai, serta sejumlah kelompok tani Kabupaten Blitar.