Perkuat Laboratorium Pemeriksaan Covid-19, JICA Serahkan Hibah 260 Ribu VTM ke Indonesia

M. Isa | Selasa, 27/09/2022 20:10 WIB
Perkuat Laboratorium Pemeriksaan Covid-19, JICA Serahkan Hibah 260 Ribu VTM ke Indonesia Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Kerjasama Internasional Jepang atau Japan International Cooperation Agency (JICA) menyerahkan hibah viral transport media atau VTM ke Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Kemenkes, dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto mengatakan, 260 ribu unit VTM tersebut akan digunakan memperkuat laboratorium surveilans pencegahan dan pengendalian penyakit di Indonesia termasuk untuk pemeriksaan kasus suspek dan kontak erat pada saat screening di 34 provinsi di Indonesia.

“Terkait bantuan VTM dari JICA ini akan kita distribusikan ke propinsi dan kabupaten/kota dan dapat dimanfaatkan oleh tim surveilans pencegahan dan pengendalian penyakit di masing-masing provinsi, kabupaten/kota bahkan di fasyankes seperti RS dan Puskesmas,” kata Achmad Farchanny Tri Adryanto dalam rilisnya, Selasa, 27 September 2022.

Farchanny menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan, kedepannya VTM ini Selain untuk pemeriksaan COVID-19, juga akan dimaanfaatkan untuk pemeriksaan virus monkeypox ataupun berbagai potensi penyakit menular lainnya.

Sementara itu, perwakilan JICA Indonesia Yu Nakahira mengatakan hibah ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan JICA dalam penanganan COVID-19, terutama bagi negara berkembang.

“JICA akan terus mendukung penguatan kapasitas negara mitra pembangunan untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit termasuk COVID-19, dan berupaya memastikan akses yang adil dan merata untuk semua,” ucap Nakahira.


Berita Terkait :