Menhub Budi Karya: Pemerintah Upayakan Subsidi Konversi Kendaraan BBM ke Listrik

M. Isa | Selasa, 20/09/2022 19:38 WIB
Menhub Budi Karya: Pemerintah Upayakan Subsidi Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Presiden Jokowi meninjau kendaraan listrik Gesit (Foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). 

“Kami bersama Kementerian/Lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik. Khususnya untuk sepeda motor,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Selasa 20 September 2022.

Menurut Budi Karya, saat ini biaya untuk melakukan konversi sepeda motor BBM ke listrik masih cukup tinggi yaitu sekitar Rp.15 juta. Namun demikian, jika permintaan kian meningkat, dan bengkel-bengkel yang mampu melayani konversi sudah semakin banyak, diharapkan harganya akan semakin kompetitif.

Sementara itu, lanjut Budi Karya, upaya lain yang telah dilakukan Kemenhub untuk mempercepat hadirnya KBLBB secara massal di Indonesia yaitu dengan menerapkan biaya uji tipe yang lebih murah untuk kendaraan listrik dibandingkan dengan kendaraan konvensional (BBM). Misalnya, untuk biaya uji tipe sepeda motor listrik sebesar Rp 4,5 juta, dibandingkan sepeda motor konvensional sebesar Rp9,5 juta.

“Ke depan kita upayakan uji tipe digratiskan. Lalu, kita upayakan juga uji tipe tidak hanya dilakukan oleh Kemenhub,” tukasnya.

Budi Karya Sumadi mengatakan, subsidi konversi dapat dilakukan dari pengalihan alokasi anggaran subsidi BBM, “Dari pemerintah daerah juga bisa menginisiasi untuk mengalihkan anggaran yang kurang produktif, agar dialihkan untuk memberikan subsidi biaya konversi ke kendaraan listrik,” katanya.


Berita Terkait :