5 Desa di Sukabumi Diterjang Angin Puting Beliung

M. Isa | Senin, 19/09/2022 17:12 WIB
5 Desa di Sukabumi Diterjang Angin Puting Beliung Rumah warga terdampak angin puting beliung (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Lima desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diterjang angin putting beliung. Lima desa itu adalah desa Cikiray, Cikidang, Cijambe, Gunung Malang dan Mekarnangka, Kecamatan Cikidang.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, kejadian tersebut terjadi pascahujan yang disertai angin kencang pukul 03.00 WIB, Sabdu, 17 September 2022.

“Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat 124 KK / 421 jiwa yang berada di lima desa tersebut terdampak,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya, Senin, 19 September 2022.

Selain itu, kata Abdul Muhari, terdapat kerusakan bangunan dan infrastruktur, yaitu 116 unit rumah warga mengalami kerusakan ringan, 17 unit rumah warga lainnya mengalami rusak sedang dan tiga unit masjid pun alami rusak ringan.

“Hingga kini belum ada laporan terkait adanya korban jiwa maupun warga mengungsi,” katanya.

Untuk melakukan percepatan penanganan, lanjut Abdul Muhari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi bersama tim gabungan telah mengunjungi terdampak dan melakukan pembersihan material yang diterjang angin puting beliung.

“BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan ancaman bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrim seperti angin puting beliung maupun angin kencang,” tukasnya.